Cari Blog Ini

Rabu, 21 Oktober 2020

Rumah Belajar dan Fitur-fiturnya

 

Rumah belajar adalah suatu portal dan aplikasi belajar secara online, merupakan salah satu produk dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (PUSDATIN KEMDIKBUD).

Fitur-fitur Utama pada Rumah Belajar 

 

Beranda Rumah Belajar

 

1. Sumber Belajar

Agar dapat masuk ke fitur Sumber Belajar, Sahabat dapat menggunakan akun Rumah Belajar atau Google atau Facebook. Sahabat dapat mengunduh dan mengunggah konten di Sumber Belajar, baik konten berbentuk video, audio, pdf, maupun web.

 

2. Bank Soal

Bank soal digunakan untuk melakukan evaluasi seperti latihan, ulangan, atau ujian. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai topik dan jenis evaluasi yang diinginkan.

 

3. Lab Maya

Sahabat dapat merancang aktivitas belajar siswa untuk melakukan praktikkum baik secara mandiri maupun kelompok. Oleh karena itu, Sahabat perlu mengidentifikasi ketersediaan sarana di sekolah dan sarana yang dimiliki oleh siswa.

 

4. Kelas Maya

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui tool komunikasi sinkronous “Forum Diskusi”. Strategi pembelajaran di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan peserta didik. Kelas Maya ini merupakan sarana pembelajaran online bagi peserta didik dan pendidik belajar kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja. Jadi model pembelajaran kelas maya yang dimaksudkan dalam rancangan ini yaitu suatu pembelajaran dalam jaringan (online) dengan menggunakan teknologi pembelajaran (Rumah Belajar) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan lebih banyak pada aktivitas asinkronus berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah.

 

Fitur-fitur Pendukung pada Rumah Belajar

 

1. Buku Elektronik Interaktif

Fitur Buku Elektronik Interaktif berisi buku-buku digital semua jenjang Pendidikan, serta pengetahuan umum tentang Karya Bahasa dan sastra. Sahabat dapat mengunduh buku-buku digital dan memanfaatkannya secara offline. Fitur Buku Elektronik Interaktif dapat diakses melalui laman berikut: https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/

 

2. Peta Budaya

Peta budaya merupakan fitur yang berisi penjelasan sejarah, seni dan budaya, serta tradisi di setiap propinsi di Indonesia. Guna memudahkan siswa mempelajari budaya Indonesia, tersedia pula game “Next Doorland”. Game ini dikembangkan untuk memudahkan dalam mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia, dan sudah tersedia dalam versi android.

 

3. Wahana Jelajah Angkasa

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari system tata surya dan benda-benda ruang angkasa yaitu melalui fitur Wahana Jelajah Angkasa di Rumah Belajar.

 

4. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB

Fitur PKB dapat Sahabat manfaatkan ketika mengikuti pelatihan secara daring. Sahabat hanya perlu masuk dan mencari jenis pelatihan yang tersedia, kemudian mendaftar pada kelas pelatihan tersebut. Selanjutnya Sahabat menunggu verifikasi dari penyelenggara pelatihan agar dapat mengikuti aktivitas belajar secara daring.

5. Edugame

Edugame adalah produk fitur terbaru yang ada pada Rumah Belajar. Edugame merupakan permainan secara online yang juga memuat  materi pembelajaran di kelas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar