Cari Blog Ini

Jumat, 02 Oktober 2020

PembaTIK

Hallo Sahabat. Pernahkah membaca kata “PembaTIK” ?. Pertama kali saya membaca kata tersebut pada surat edaran dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sekitar bulan April 2020. Awalnya saat belum fokus membaca surat edaran tersebut, saya kira PembaTIK yang dimaksud adalah orang yang melakukan kegiatan membatik menggunakan lilin cair dengan alat canting. Ternyata saya salah.

PembaTIK adalah kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan PembaTIK digagas oleh Pusdatin Kemdikbud. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran berbasis teknologi melalui portal Rumah Belajar serta mendukung pengembangan kompetensi TIK guru. Program PembaTIK dikemas dalam bentuk bimbingan teknis (bimtek) pemanfaatan TIK level 1 sampai level 4 mengacu pada standar kompetensi TIK guru UNESCO. Pesertanya adalah guru dari semua jenjang pendidikan yang telah mengajar minimal satu tahun sebagai guru mata pelajaran atau guru kelas. Pendaftaran dilakukan oleh peserta melalui aplikasi Simpatik (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan berbasis TIK) dengan alamat http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id. dan tidak dipungut biaya.

 

Sumber: https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id//user/pembatik_2020

 

Manfaat Mengikuti PembaTIK

1.    Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

2.    Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

3.    Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Syarat dan Ketentuan

1.    Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.

2.    Guru Tetap Yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan

3.    Guru Honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.

4.    Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas).

Demikian penjelasan mengenai PembaTIK, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar